Coban Nirwana

Air Terjun Malang

Malang selain memiliki pantai yang indah, terkenal dengan sebutan kota apel ternyata di malang juga dianugrahi dengan sejumlah coban atau air terjun yang indah. Wisata air terjun menjadi wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi. Hampir setiap daerah memiliki air terjun andalan yang wajib di kunjungi saat anda berkunjung. Berikut beberapa air terjun yang wajib anda kunjungi saat ada di malang.

  1. Coban Nirwana

Coban Nirwana

Coban Nirwana

Coban Nirwana atau Coban Mbok Karimah terletak di kawasan Gedangan, salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Malang. Akses menuju kesana sangat mudah karena lokasinya berada di perbatasan Gedangan dan Sumber Manjing Wetan. Tempat ini masih jarang di kunjungi atau bisa di bilang masih alami. Wisata alam ini menyajikan panorama yang epic dan keren untuk spot selvie (bagi anda yang menyukai selvie). Karena coban ini masih baru, masih minim fasilitas yang dapat kita jumpai.Untuk masuk ke coban tiketnyapun masih gratis.

Untuk sampai di lokasi ini bisa di tempuh melalui 2 jalur yaitu :

  • Melalaui Kawasan Gedangan
  • Melalui Kawasan Sumber Manjing Wetan

Dua jalur tersebut mudah dilalui. Baik menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Hanya saja beberapa kilometer sebelum sampai di lokasi jalannya sedikit agak kurang baik.

  1. Coban Tundo

Coban Tundo

Coban Tundo

Wisata Coban Tundo termasuk air terjun yang relative baru di malang. Terletak di desa sidoasri, kecamatan sumbermanjing wetan. Untuk masuk coban ini tidak akan di kenakan tiket masuk hanya dikenakan biaya parker motor. Air Terjun ini bisa terbilang tersembunyi sehingga sangat cocok bagi anda yang menyukai destinasi wisata ektrim. Di tempat ini ada 3 air terjun, yaitu coban tundo 1, 2, dan 3. Dari coban tundo 1 ke coban tundo 2 di tempuh dengan waktu 10 menit dengan menuruni bukit. Sama jika anda ingin ke coban tundo 3.

Di coban tundo 1 anda bisa berenang di bawah air terjun karena cekungan yang di timbulkan memiliki ke dalaman hingga 2 meter. Coban tundo2 anda juga bisa berenang, namun disini memiliki kedalaman hingga 7 meter. Bagi anda yang tidak bisa berenang jangan coba-coba untuk berenang disini. Di coba tundo 3  adalah coban yang paling tinggi daripada coban lainnya. Disini kolamnya sangat kecil namun sangat dalam, dan tidak ada yang mengawasi.

Untuk sampai kesini anda bisa melalui 2 jalur alternative yaitu :

  • Bululawang – Turen – Sumber Manjing Wetan – Arah ke sendang biru
  • Desa Kedung Banteng – Desa Klepu – Desa Sukodono – Kecamatan Dampit

Disarankan untuk ke sana jangan menggunakan motor matic dikarenakan jalanan yang cukup terjal, selain itu mobil juga tidak bisa masuk ke area wisata. Bagi anda yang menggunakan mobil tidak perlu khawatir karena anda bisa menitipkan di rumah warga.

  1. Coban Pelangi

Coban Pelangi

Coban Pelangi

Merupakan tempat wisata alam yang terletak di desa Gubug Klakah, Kecamatan Poncokusumo. Disebut dengan coban pelangi karena air terjun ini sering membiaskan warna pelangi. Air terju ini merupakan salah satu wahana wisata yang di kelola oleh perum perhutani KPH Malang. Air terjun ini di kelilingi oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Air terjun ini berada di ketinggian 1299,5 m di kaki gunung semeru. Suhu udara di kawasan air terjun berkisar antara 19-23 derajat celcius.

Waktu yag tepat untuk berkunjung ke coban pelangi adalah di pagi hari. Karena saat di pagi hari kabut yang lembut masih sering muncul di sekitar coban pelangi. Sayang kalau kita melewatkan segarnya embun pagi hari dan udara yang sejuk. Untuk menuju kesana bisa menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4. Setelah sampai di tempat parkir, anda tinggal melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki untuk sampai ke air terjun. Saat melakukan perjalanan anda akan di sajikan pemandangan yang indah, jika anda lelah disediakan tempat untuk beristirahat. Rasa lelah perjalanan anda akan terbayarkan dengan keindahan coban pelangi.

Saat musim hujan oleh pihak pengelola membatasi untuk waktu kunjungan hanya sampai jam 4 sore saja. Untuk tiket masuk sekitar Rp. 5.000 dan parkir motor Rp. 2000 , Mobil Rp. 5.000.

  1. Coban Gintung

Coban Gintung

Coban Gintung

Terletak di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading,kabupaten malang. Jika anda dari kota malang maka anda harus menempuh jarak sekitar 75 Km dari pusat kota malang. Anda dapat menngunakan sepeda motor atau mobil untuk menuju ke coban gintung. Jalur yang anda tempuh jika dari malang, malang-turen-dampit-ampelgading. Setelah sampai di kecamatan ampelgading, anda dapat bertanya kepada warga sekitar atau mengikuti papan petunjuk arah yang sudah ada.

Spot menarik disini adalah rumah pohon yang terletak di samping air terjun. Rumah ini lah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan dan merupakan tempat favorit wisatawan untuk berfoto. Di tempat ini anda dapat menikmati suasana sejuknya udara yang masih alami yang di produksi oleh pohon-pohon yang menjulang tinggi. Memasuki lokasi coban gintung pengunjung hanya dikenakan biaya parkir dan itu sudah termasuk dengan tiket masuk ke coban.Coban gintung memiliki 2 coban/air terjun. Bagian atas terdapat goa purba, jika anda ingin masuk ke dalam goa wajib lapor dulu ke juru kunci/pengelola coban gintung. Kalau kita beruntung kita akan menemui beberapa ikan purba di dalam goa.

About the Author

By admin / Administrator

Follow admin
on Jan 23, 2017

No Comments

Leave a Reply