Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpu Bali

Air Terjun Sekumpul atau Air Terjun Gerombong yang terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali. Merupakan sekumpulan 7 air terjun yang letaknya terpisah dan berjauhan dan memiliki ketinggian 100 meter. Dari total 7 air terjun yang ada hanya ada 2 air terjun yang bisa dikunjungi. Uniknya dua air terjun yang letaknya berdampingan tersebut memiliki ketinggian dan debit air yang berbeda. Dan dua air terjun tersebut juga berasal dari dua sumber mata air berbeda, dimana air terjun yang di sebelah kiri berasal dari sumber air. Air terjun sebelah kanan yang lebih tinggi bersumber dari sungai. Di musim hujan air terjun yang sebelah kiri akan tetap bening karena bersumber dari mata air. Sedangkan sebelah kanan akan terlihat coklat keruh.Air Terjun Sekumpu Bali

Untuk menuju tempat ini dapat di akses melalui 2 jalur, antara lain:
  1. Air terjun ini berjarak 76 Km dari Denpasar atau 20 Km dari Kota Singaraja. Singaraja menuju arah ke kawasan wisata bedugul, setelah sampai di kota singaraja ambil kearah kecamatan sawan lalu ke desa sekumpul.
  2. Kawasan Wisata Bedugul sekitar 10KM terdapat pertigaan kecil. Di pertigaan belok ke kanan ikuti terus jalannya sampai tiba di pintu masuk air terjun sekumpul. Kondisi jalan ini sempit dan berkelok-kelok naik turun dengan pemandangan bukit dan jurang. Untuk anda yang berkendara roda 4 tidak disarankan untuk melewati jalan ini.

Air Terjun Sekumpu BaliSesampainya di area parkir perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki, menuruni ratusan anak tangga dan menyebrangi sungai. Kondisi jalan yang di lewati sudah di paving, tapi anda tetap harus hati-hati karna sangat curam dan di beberapa tempat sangat licin karena lumut. Setelah kondisi jalan paving habis anda akan melewati jalan tanah yang sempit sampai tiba di air terjun. Tetapi jika anda ingin mendekat ke dasar air terjun harus menuruni anak tangga lagi dan menyebrangi sungai yang cukup dalam.Air Terjun Sekumpu Bali

Untuk bangunan gazebo tempat beristirahat sudah disediakan, tetapi untuk masalah kamar mandi di tempat ini masih belum disediakan. Jika anda ingin menginap anda bisa mencari penginapan di sekitar Bedugul atau daerah Pantai Lovina yang terdekat dari tempat ini.